Ciri Kehamilan Awal yang Sering Diabaikan

Ciri Kehamilan Awal yang Sering Diabaikan

Kehamilan merupakan sebuah momen yang paling ditunggu-tunggu bagi wanita namun tak jarang mereka tidak mengetahui ciri kehamilan awal sehingga mereka sebenarnya sudah hamil namun malah tidak menyadari gejalanya.

Ciri-ciri Awal Kehamilan

Ciri-ciri awal kehamilan dapat dilihat dari berbagai hal terutama perubahan fisik dan psikis. Namun terkadang sering disalahartikan sebagai gangguan kesehatan atau bahkan terlalu sibuk sampai tidak menyadari gejala tersebut. Berikut akan dibahas mengenai gejala ciri awal kehamilan.

  1. Kram dan timbul flek

Kram dan flek kecoklatan dapat timbul saat usia kehamilan 1 hingga 4 minggu seperti gejala menstruasi. Namun flek yang keluar hanyalah sedikit. Bercak darah muncul karena sel telur yang dibuahi akan mempersiapkan diri untuk berkembang sehingga menimbulkan kram dan timbul bercak darah.

  1. Payudara bengkak

Payudara juga akan bengkak dan juga terasa nyeri. Hal ini karena terjadi peningkatan hormon untuk mempersiapkan payudara dalam pemberian ASI setelah melahirkan. Ciri-ciri ini juga mirip dengan gejala PMS sehingga sering diabaikan sebagai ciri kehamilan.

  1. Aerola menghitam

Terjadinya perubahan hormon pada ibu hamil membuat aerola atau bagian daerah puting menghitam dan juga areanya lebih lebar. Hal ini wajar terjadi karena tubuh sedang menyiapkan produksi ASI untuk si kecil.

  1. Kelelahan

Kelelahan tanpa sebab juga menjadi ciri kehamilan awal. Hal ini karena organ dalam tubuh mengalami perkembangan apalagi rahim yang mulai membesar sehingga menekan organ lainnya membuat ibu merasakan lelah tanpa sebab.

Maka dari itu ibu membutuhkan energi yang cukup selama masa kehamilan. Ibu dapat mengonsumsi susu untuk ibu hamil yaitu Lactamil untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan janin setiap harinya serta menjaga tubuh tetap fit.

  1. Konstipasi dan sering buang air kecil

Rahim akan menekan kandung kemih sehingga ukurannya yang lebih sempit dapat menyebabkan ibu lebih sering buang air kecil. Tekanan pada usus juga dapat menyebabkan sembelit sehingga ibu menjadi sulit buang air kecil.

  1. Mual

Peningkatan hormon kehamilan atau hCG dapat menyebabkan morning sickness atau mual di pagi hari. Namun rasa mual ini juga dapat dialami pada siang atau malam hari. ini merupakan salah satu tanda kehamilan namun juga bisa merupakan masalah pencernaan lainnya. untuk memastikannya ibu bisa menggunakan test pack untuk cek kehamilan atau memeriksakan diri ke dokter.

  1. Indra penciuman sensitif

Banyak dari ibu hamil yang merasakan ciri kehamilan awal pada indra penciumannya yang semakin tajam dan sensitif baik itu bau parfum ataupun bau makanan yang menyengat. Maka dari itu ibu hamil tidak dapat mencium makanan yang memiliki bau menyengat karena dapat memberikan efek mual dan muntah padahal sebelumnya biasa saja dengan aroma tersebut.

shares