Cara Mengatasi Alergi Susu Formula yang Wajib Diketahui

Cara Mengatasi Alergi Susu Formula yang Wajib Diketahui

Alergi susu formula merupakan suatu kondisi dari respon yang tidak normal dari sistem kekebalan tubuh akibat memberikan susu formula. Walaupun susu formula bisa menjadi pilihan susu pengganti ASI, tetapi tidak jarang justru anak-anak malah mengalami ketidakcocokan terhadap susu formula. Akibatnya, anak anda akan menunjukkan beberapa gejala alergi.

Adapun gejala alergi yang timbul akibat tidak cocok dengan kandungan susu formula adalah adanya ruam pada kulit, adanya masalah pada sistem pencernaan, hingga gangguan pernapasan. Kondisi seperti ini biasanya akan hilang dengan sendirinya apabila anda mencoba menghentikan untuk memberikan susu formula. Apabila masih berlanjut dengan lama, maka sebaiknya anda bisa memeriksakannya kepada dokter.

Faktor penyebab alergi susu formula

adapun penyebab mengapa seorang anak bisa mengalami alergi terhadap susu formula adalah adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh dimana kandungan protein yang terdapat di dalam susu dianggap sebagai zat yang berbahaya. Tidak hanya itu saja, terdapat beberapa faktor yang meningkatkan alergi susu formula ini diantaranya adalah

  1. Anak-anak yang menderita dermatitis atopic
  2. Mempunyai alergi pada makanan lain yang malah muncul sesudah gejala yang ditimbulkan akibat alergi susu
  3. Terdapatnya masalah alergi pada keluarga seperti rhinitis alergi.

Walaupun alergi pada susu formula bisa menghilang dengan sendirinya, maka sebagai orang tua yang baik anda juga harus mengatasi alergi susu formula tersebut.

Cara mengatasi alergi susu formula dengan baik

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi alergi susu formula pada anak diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Lakukan konsultasi dengan dokter

Langkah pertama yang disarankan adalah anda bisa segera melakukan konsultasi dengan dokter apabila anda menemukan adanya reaksi alergi susu formula pada si kecil. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk mengatasi masalah alergi tersebut.

Selain itu, tidak jarang mereka akan menyarankan anda untuk mengganti susu formula sapi dengan susu kedelai. Anda bisa mencoba untuk memberikan susu kedelai. Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak produk susu kedelai yang bisa anda temukan sehingga lebih praktis.

  1. Jika ragu susu kedelai, cobalah susu formula hypoallergenic

Apabila anda ragu untuk memberikan susu kedelai, maka anda masih bisa memberikan susu formula hypoallergenic. Ini merupakan susu formula dimana mempunyai bahan asam amino khusus. Dimana susu ini bisa anda temukan dengan mudah di pasaran maupun melalui resep dokter.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi alergi susu formula yang wajib diketahui. Alergi terhadap susu formula ini memang tidak boleh anda anggap remeh begitu saja. Pasalnya gejala yang ditimbulkan mungkin akan sangat mengganggu buah hati anda. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut, anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

shares