Bunda, Ini Tips Cerdas Siapkan Bekal Anak Sekolah Biar Tetap Enak Disantap

Bunda, Ini Tips Cerdas Siapkan Bekal Anak Sekolah Biar Tetap Enak Disantap

Bekal anak sekolah sengaja disiapkan oleh bunda agar si kecil tidak merasa lapar ketika harus menghabiskan waktunya di sekolah. Seperti yang Anda ketahui, beberapa sekolah zaman sekarang terkadang memiliki jadwal yang full sampai sore hari. Mau tak mau dengan jadwal sekolah yang padat, bunda harus menyiapkan bekal ekstra untuk si kecil. Biasanya, para bunda membekali si kecil bekal pada saat mereka berangkat sekolah. Tetapi, bekal yang dibuat pagi tersebut seringnya kurang enak disantap pada siang harinya. Maka dari itu, agar si kecil tetap semangat menyantap bekal yang bunda siapkan, inilah beberapa trik agar bekal anak sekolah tetap fresh.

Menggunakan Tempat Makan yang Bagus

Ketika bunda menyiapkan bekal sekolah untuk si kecil, bunda tak hanya wajib memperhatikan menu makanan buat si kecil saja. Melainkan wadah untuk bekal juga mesti bunda pikirkan. Tempat bekal bisa menentukan cita rasa dari bekal yang bunda buatkan. Apabila bunda memilih wadah yang sembarangan, bisa jadi bekal tak enak lagi disantap hingga siang hari. Untuk itu, pilihkan tempat makan yang kedap udara karena tempat makan yang berkualitas bagus bisa membantu menjaga cita rasa makanan yang telah bunda persiapkan untuk si kecil nanti.

Masih terkait tentang tempat bekal si kecil, bunda juga harus pintar memilih tempat bekal yang tak akan membuat bekal anak cepat basi. Alangkah baiknya selain menggunakan tempat bekal yang kedap udara, bunda juga bisa memilih tempat bekal yang ada sekatnya. Dengan adanya sekat, nasi tak akan bercampur dengan lauk atau sayuran karena jika bekal tersebut dijadikan satu, cita rasanya tetap akan berubah. Apalagi jika bekal tak langsung dimakan. Untuk itu, bunda harus benar benar cerdas menyiapkan bekal untuk anak, salah satunya dengan memilih wadah yang tepat untuk si kecil.

Mendinginkan Bekal Terlebih Dahulu

Sering Anda jumpai pastinya para bunda yang terburu buru menyiapkan bekal untuk anak di pagi hari karena memang sebagian besar bunda sengaja membuatnya sebelum anak berangkat sekolah. Alhasil, ketika bunda takut si kecil telat hanya gara gara menunggu bekal, bunda langsung saja menutup tempat bekalnya. Padahal, saat itu sajian pada bekal masih panas. Akibatnya, uap panas akan terkekang di tempat bekal dan merusak cita rasa dari bekal yang bunda buat. Saat si kecil menyantapnya pada siang hari, bekal yang tadinya tampak sedap jadinya malah tak membuat si kecil selera untuk makan.

Salah satu solusi buat bunda yaitu jangan biarkan makanan dalam keadaan panas. Bunda sebaiknya mendinginkan bekal si kecil terlebih dahulu, baru bunda bisa menutupnya. Atau, jika bunda sudah tak ada waktu lagi buat menunggu uap pada bekal menghilang, solusi lainnya adalah dengan membuat bekal setelah si kecil berangkat sekolah. Mesti terkesan meluangkan waktu, tetapi setidaknya cara tersebut dapat membuat bekal si kecil lebih fresh. Jika bekal sudah selesai dibuat, barulah bunda bisa mengantarkan bekal ke sekolah sebelum jam makan siang tiba. Pastinya, bekal yang dibuat bunda tersebut akan disantap si kecil dengan lahapnya

Memisahkan Nasi dengan Lauk

Jika bunda adalah orang yang sibuk dan tak punya banyak waktu untuk membuat bekal selain saat pagi hari. Cara lain yang bisa bunda coba untuk membuat bekal anak sekolah enak disantap adalah dengan menggunakan wadah yang berbeda untuk nasi, lauk pauk dan sayurnya. Meski terkesan memakan banyak wadah, tetapi dengan menyendirikan tempat, bekal akan terhindar dari basi walau disantap pas siang hari. Tetap pastikan semua dalam keadaan dingin sebelum bunda menutup masing masing wadah agar cita rasa bekal si kecil tak berubah sampai waktu santap bekal tiba. Semoga bermanfaat!

shares